Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SENI MEMBATIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 DESA KEBONDALEM KABUPATEN PEMALANG
Mega Rensi Wijayanti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sekolah memberikan kegiatan ekstrakurikuler digunakan untuk membantu menumbuhkan bakat dan minat siswa di luar jam pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler merupakan program terstruktur yang ada pada sekolah dan dilaksanakan pada hari tertentu di luar jam pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang kreatifnya siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler membatik yaitu dengan menggunakan teknik ikat celup atau jumputan yang ada di SD Negeri 01 Desa Kebondalem Kabupaten Pemalang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler membatik di SD Negeri 01 Desa Kebondalem Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 3 siswa dari kelas 5A dan 7 siswa dari 5B. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.Hasil dari perolehan angket menunjukkan bahwa siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti ekstrakurikuler membatik jumputan setelah terlebih dahulu dikenalkan beberapa motif dan corak batik jumputan yang sudah jadi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar seni membatik jumputan ini dapat diikutkan dalam kegiatan belajar mengajar dan tercantumkan pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Kata kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler, Seni Membatik Jumputan

 

Abstract

The encouraging background of this study is that schools provide extracurricular activities used to help cultivate students' talents and interests outside of school hours, extracurricular activities are structured programs that exist in schools and are carried out on certain days outside of school hours.Problems in this research is less creative students in following the extracurricular activities of batik that is by using dye or jumputan techniques that exist in SD Negeri 01 Kebondalem Village Pemalang District.This type of research is qualitative research. The study population is all students who follow the extracurricular activities of batik in SD Negeri 01 Village KebondalemPemalang District year 2016/2017 lesson. Samples taken were 3 students from grade 5A and 7 students from 5B. The data in this research is obtained through observation, interview, documentation and questionnaire.The results of the questionnaire showed that the students looked very enthusiastic in following the extracurricular batik jumputan after first introduced some motifs and patterns of batik jumputan that has been so.Based on the results of this study suggestions that can be delivered is that the art of batik jumputan can be included in teaching and learning activities and included in the RPP (Learning Implementation Plan).

Keywords: Implementation, Extracurricular, Art Batik Jumputan

 


Full Text: PDF