Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGGUNAAN MODEL BERBAGI PENGALAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KOMIK
Wahyu Mutia, Maryadi Maryadi, Ervina Eka Subekti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan penggunaan model berbagi pengalaman berbantuan media komik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan, dimana setiap pertemuan dilaksanakan selama 70 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas dan tahap kedua yaitu uji normalitas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model berbagi pengalaman berbantuan media komik efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: model berbagi pengalaman, komik, hasil belajar IPA.

 

Abstract

This study aims to find out how effective is using sharing experience model with comic media on the results of science learning of grade V students at SDN 1 Geneng District Jepon Blora regency for academic year 2016/2017. The form of this research is quantitative research with One Group Pretest-Posttest Design. This study was conducted during two meetings, where each meeting was held for 70 minutes. Data collection techniques in this study using tests, observations, and documentation. Data analysis technique consists of two stages. The first stage is the normality test and the second stage is the normality test and hypothesis test consisting of t test and test mastery learning. The result of the research shows that the use of communication experience-assisted model sharing model is effective on science learning outcomes of grade V students of SDN 1 Geneng District Jepon Blora regency for academic year 2016/2017.

Keywords : experience sharing model, comic, science learning outcomes .


Full Text: PDF