Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Amelia Nike Musvitasari, Maryadi Maryadi, Ervina Eka Subekti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model pembelajaran Bamboo Dancingsebagai inovasi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Mlatiharjo 02 Semarang tahun 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 70 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas. Pada tahap kedua yaitu uji normalitas dan uji banding pretest-posttest (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Bamboo Dancing efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Mlatiharjo 02 Semarang tahun 2016/2017.

Kata kunci: keefektifan, model pembelajaran Bamboo Dancing, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

This study aims to determine how big the effectiveness of Bamboo Dancing learning model as teacher innovation to improve student learning outcomes of grade V SD Mlatiharjo 02 Semarang in 2016/2017. The form of this research is quantitative research. The study was conducted during two meetings, where each meeting was 70 minutes. Data collection techniques in this study using tests, observations and documentation. Data analysis technique consists of two stages. The first stage is the normality test. In the second stage is the normality test and pretest-posttest test (T test). The results showed that the learning model Bamboo Dancing effective to improve student learning outcomes in learning Mathematics class V SD Negeri Mlatiharjo 02 Semarang in 2016/2017.

Keywords: effectiveness, Bamboo Dancing learning model, Learning Outcomes

 

 


Full Text: PDF