Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 01 BEDAGAS KABUPATEN PURBALINGGA
Asnah Arofah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berangkat dari latar belakang, rendahnya hasil belajar matematika siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Pembelajaran matematika yang masih dilakukan dengan menghafal, dan kurangnya penggunaan media menarik dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar rendah.Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh media puzzle pada pembelajaran matematika materi pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III  SDN 01 Bedagas Kabupaten Purbalingga. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media puzzle pada pembelajaran matematika materi pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III  SDN 01 Bedagas Kabupaten Purbalingga.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III  SDN 01 Bedagas yang terdiri dari 23 siswa. Sampel yang diambil adalah 23 siswa, yaitu semua anggota populasi menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis uji t, bahwa diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,922> 2,074 maka Hoditolak sehingga menerima Ha yaitu media puzzle ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika materi pecahan kelas III SDN 01 Bedagas Kabupaten Purbalingga.Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah hendaknya media pembelajaran puzzle dapat dicoba dan diterapkan pada mata pelajaran matematika.

Kata kunci: media puzzle, hasil belajar, matematika

 

Abstract

This study departs from the background, the low mathematics learning outcomes of students who have not reached the KKM established by the school. Math learning is still done by memorization, and the lack of use of media is interesting in the learning process, so students are less active and learning outcomes are low. Problems in this research is any influence of puzzle media on learning mathematics of fractional material to student learning result of class III SDN 01 Bedagas Purbalingga Regency. The objectives to be achieved in this research is to know the influence of puzzle media on the learning of mathematics of fractional material on the learning result of the third grade students of SDN 01 Bedagas Purbalingga Regency. This type of research is quantitative research with Pre Experimental Design design which is in form of One Group Pretest-Posttest Design. The population in this study is all students of class III SDN 01 Bedagas consisting of 23 students. The samples taken were 23 students, is all members of the population using saturated sampling technique. Based on the results of t test analysis, that obtained t count> t table is 4.922> 2.074 then Ho is rejected so that Ha received the media puzzle there is influence on the results of learning mathematics material class III SDN 01 Bedagas Purbalingga Regency. Suggestions that researchers can convey is that puzzle learning media can be tried and applied to the subjects of mathematics.

Keywords: puzzle media, learning result, math.


Full Text: PDF