Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA DAPIN (DADU PINTAR) MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
Dewi Ratnasari, Joko Sulianto, Ratna Wahyu Pusari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan penggunaan media DAPIN terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kalimojosari Pekalongan tahun 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 35 menit.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data terdiri dari dua tahap.Tahap pertama yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan matcing group. Tahap kedua yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata (uji T).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media DAPIN melalui Model Accelerated Learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kalimojosari Pekalongan tahun 2016/2017.

Kata kunci: media DAPIN, Model Accelerated Learning, hasil belajar,

 

Abstract

This study aim to know the effectiveness of usingDAPIN (Smart Dice)throught Model Accelerated learning on learning result students of class V in SDN Kalimojosari Pekalongan 2016/2017. This research is a form of quantitative research. This research hedl in twelve meetings, witch is the time of every meeting is 35 minutes.The collection data in this research are techniques observation, test, and documentation.There ara two steps in data analysis consists. First step is normality test, homogeny test and mathcing group and the second stepis comparaative normality test, homogeny test and posttest (Uji T). The results of this research that using DAPIN Media throught Accelerated Learning Model is effective in learning result in Sains of the students class V SDN Kalimojosari Pekalongan 2016/2017.

Keyword: Media DAPIN, Model Accelerated Learning, the result of learning, Sains


Full Text: PDF