Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA ASPEK KEMANDIRIAN DAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS VSEKOLAH DASAR
Dyah Nugraheni, Joko Sulianto, Ahmad Nashir Tsalatsa

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemandirian belajar siswa kelas Vsehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih ada yang rendah. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar antara pembelajaran yang menggunakan model TAI dan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design. Bentuk desain yang diambil adalah Posttest-Only Control Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Rejosari 03Semarang yang berjumlah 44 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu sampling jenuh.  Data kemandirian belajar siswa dikumpulkan dengan angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian kemandirian belajar  menggunakan uji t dua pihak, diperoleh thitung = 6,8363 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,018 dengan taraf signifikan 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 20 +24 – 2 = 42. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh thitung>ttabel  yaitu 6,8363 > 2,018 maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar antara pembelajaran yang menggunakan model Team Assisted Individualization dan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Sedangkan data pada hasil belajar siswa dikumpulkan dari hasil nilai posttest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian hasil belajar menggunakan uji t dua pihak, diperoleh thitung = 10,2023 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,018 dengan taraf signifikan 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 20 +24 – 2 = 42. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh thitung>ttabel  yaitu 10,2023> 2,018 maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajarsiswa kelas V Sekolah Dasar antara pembelajaran yang menggunakan model Team Assisted Individualization dan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.

Kata Kunci: Model TAI, Kemandirian & Hasil Belajar

 

Abstract

The background of this study is the lack of learning independence of class V students that resulted in low student learning outcomes. This is because the learning process is still conventional. The objectives to be achieved in this research is to know the difference of independence and learning outcomes of grade V elementary school students between learning using TAI model and learning using conventional method. The type of this research is experimental research. This research uses True Experimental Design design. The design form taken is Posttest-Only Control Design. The population in this study is all students of grade V SD Negeri Rejosari 03 Semarang which amounted to 44 students by using sampling technique that is saturated sampling. Student selfreliance data collected by questionnaire. Based on the results of data analysis research independence learning using t-test two parties, obtained t_hitung = 6.8363 and t_tabel = 2.018 with a significant level of 5% with dk = n1 + n2 - 2 = 20 +24 - 2 = 42. Based on the results of the analysis, Obtained tcount> ttable is 6.8363> 2.018 then Ho is rejected. Thus, it can be concluded that there is a difference in learning independence in grade V elementary school students between the learning using Team Assisted Individualization model and learning using conventional methods. While the data on student learning outcomes collected from the results of posttest value. Based on the results of data analysis research results using t test two parties, obtained t_hitung = 10,2023 and t_table = 2.018 with 5% significant level with dk = n1 + n2 - 2 = 20 +24 - 2 = 42. Based on the results of the analysis, Obtained tcount> ttable that is 10,2023>2.018 then Ho rejected. Thus, it can be concluded that there is a difference in the result of learning of grade V elementary school students between the learning using Team Assisted Individualization model and learning using conventional method.

Keywords: TAI Model, Independence & Learning Outcomes.


Full Text: PDF