Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF PADA MATERI IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN PLEBURAN 03 SEMARANG
Tri Agus Setiyaningrum

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Berbantuan Media Pembelajaran CD interaktif Materi IPA Terhadap Motivasi Belajar Kelas V SDN Pleburan 03 Semarang”. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan sehingga tidak adanya umpan balik antara siswa dan guru. Hal ini lebih banyak mengarah kepada kemampuan siswa untuk menghafal materi.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan media pembelajaran CD interaktif efektif terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran teams games tournaments berbantuan CD interaktif pada Materi IPA Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V SD Negeri Pleburan 03 Semarang yang dilihat dari hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model teams games tournamentsberbantu media cd interaktif pada materi ipa terhadap motivasi belajar siswa kelas v SD negeri pleburan 03 semarang. Diperoleh hasil penelitian rata-rata nilai hasil kelas eksperimen 93,86, rata-rata nilaihasil kelas control 67,76.Ada keefektifan model teams games tournaments berbantu media cd interaktif pada materi ipa terhadap motivasi belajar kelas v SD negeri pleburan 03 semarang.

Kata Kunci: modelteams games tournaments, media cd interaktif, motivasi belajar

 

Abstract

Learning Model Effectiveness Teams Games Tournaments (TGT) Assisted Learning Media Interactive CD Science Materials Against Learning Motivation Class V SDN Pleburan 03 Semarang". The encouraging background of this research is that in the learning process students are less encouraged to develop skills so that there is no feedback between students and teachers. This leads more to the ability of students to memorize the material. The problem in this research is whether Teams Games Tournaments (TGT) learning model is supported by effective interactive CD learning media on student learning motivation? The purpose of this research is to know the effectiveness of instructional model Teams Games Tournaments with interactive CD on IPA Material on Student Learning Motivation of Grade V Elementary School of Pleburan 03 Semarang from the result of student learning. This research aim to know the effectiveness of teams games tournaments model Media assisted interactive cd on the material ipa to the motivation to learn the students of class v SD Negeri pleburan 03 semarang. Obtained research result average experiment class result value 93,86, average value of control class result 67,76. There is effectiveness of model teams games tournaments assisted media cd interactive on the material ipa to motivation learn class v SD pleburan 03 semarang country.

Keywords: model teams games tournaments, interactive media cd, learning motivation


Full Text: PDF