Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PRABU PADA MATA PELAJARAN IPAUNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Gita Syafitri, Fine Reffiane, Iin Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih pasif dalam proses pembelajaran, terutama ketika diminta menjawab pertanyaan. Masalah tersebut timbul dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang inovatif dan menariksaat proses pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangandengan produk yang dikembangkan yaitu media media PRABU dan dapat diterapkan pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Mediadiujicobakan di 3 Sekolah Dasar yaitu SDN 1, 2 dan 3 Buwaran Mayong Jepara. Data dalam penelitian ini melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis kelayakan produk media dari ahli media pada bimbingan pertama dan kedua rata-rata persentasenya98%, ahli materi pada bimbingan pertama dan kedua rata-rata persentasenya68%, dari ketiga ahli praktisi rata-rata persentasenya90%. Hasil respon guru kelas V dari ketiga SD rata-rata persentasenya92%. Hasil respon siswa kelas V dari ketiga SD rata-rata persentasenya 99%.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Media PRABU (Permainan Arisan Buah)

 

Abstract

The encouraging background of this research is the lack of student interest in the learning process. Students become more passive in the learning process, especially when asked to answer questions. The problem arises because the absence of innovative and interesting learning media during the learning process. Type This research is a research and development with product developed that is media of PRABU media and can be applied to science subject matter natural event for grade V students of Elementary School. The media were tested in 3 primary schools namely SDN 1, 2 and 3 Buwaran Mayong Jepara. Data in this study through observation, questionnaires and documentation. The results of feasibility analysis of media products from media experts on first and second guidance average percentage 98%, material experts on the first and second guidance average percentage of 68%, of the three expert practitioners average percentage of 90%. The result of class V teacher response from third elementary school average is 92%. The result of the response of grade V students from the third grade elementary school is 99%.

Keywords: Development, Learning Media, PRABU Media (Fruit gathering game)


Full Text: PDF