Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH METODE IOC BERBANTU MEDIA KARTU CERDAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN KEDUNGMUNDU SEMARANG
Dewi Khanifah CH, Ferina Agustini, Fine Reffiane

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kedungmundu Semarang pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh hasil belajar IPA metode inside outside circle berbantu media kartu cerdas terhadap di kelas V SDN Kedungmundu Semarang antara pembelajaran metode inside outside circledengan metode ceramah. Jenis penelitian ini menggunakan desain PreExperimental Design, bentuk desain yang diambil adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kedungmundu Semarang tahun 2016/ 2017. Sampel yang diambil adalah 46 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Nonprobability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui, tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi.Hasil analisis data penelitian,uji t diperoleh thitung =7,290 dan ttabel =  1,678 dengan taraf signifikan 5%  dengan db = N-1 = 46-1 = 45. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh thitung > ttabel yakni 7,290 >1,678 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan, bahwapenggunaan metode inside outside circle berbantu media kartu cerdas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam kelas V SDN Kedungmundu Semarang.

Kata kunci :metode inside outside circle, media kartu cerdas, dan hasil belajar

 

Abstact

The problem in this research is students SDN Kedungmundu Semarang in science subject very low. It is because learning process is still conventional. The objective to be achieved in this research is to know effects of learning outcomes science inside outside circle method help in smart card media the fifth grade students of  SDN Kedungmundu Semarang, between learning using inside outside circlemethod and learning using conventional method. The research used the pre-experimental design, the type of design is taken one-group pretest-posttest design. the population in this research is all students of fifth grade of SDN Kedungmundu Semarang amount to 46 students by using nonprobability sampling. Data in research were collected by test multiple choice, observation and documentation. Based on the results of the research data analysis  t – test obtained by  tcount  = 7,290 and ttable = 1,678 with significance level of  5 % by db = N-1 = 46-1 = 45. Based on the results of the analysis obtained tcount  > ttable =   7,290 > 1,678 then Ho rejected dan Ha accepted. This we can conclude that there using inside outside circle method help in smart card media take effect learning outcomes student on the subject science matter of natural events of fifth grade of SDN Kedungmundu Semarang

Keyword : inside outside circle method, smart card media, and learning outcomes

 


Full Text: PDF