Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA AKUARIUM BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SD NEGERI KEBONSAWAHAN 02 JUWANA
Fika Novita Haryanti, Maryadi Maryadi, Asep Ardiyanto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan terutama pada mata pelajaran IPA yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah, tingkat keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode Teams Games Tournament (TGT) yang dibantu dengan media akuarium bumi adalah salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman materi dan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Teams Games Tournament (TGT) berbantu media akuarium bumi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Kebonsawahan 02 Juwana Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan One group pretest posttest design. Simpulan dari penelitian ini adalah, berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test maka metode pembelajaran Teams Games Tournament efektif terhadap hasil belajar IPA siswa.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Media Akuarium Bumi

 

Abstract

This research is motivated by the lack of students' understanding of the material taught especially on the subjects of science that led to low student learning outcomes, the level of student activeness during the learning process. Learning by Teams Games Tournament (TGT) method which is assisted with earth aquarium media is one of the solution to improve the understanding of the material and the result of student learning on science subjects. This study aims to determine the effectiveness of methods Teams Games Tournament (TGT) aided earth aquarium media to the results of science learning class V students in SD Negeri Kebonsawahan 02 Juwana Pati District. This research is an experimental research with quantitative approach. The design used in this research is Pre-Experimental Design with One group pretest posttest design. The conclusion of this research is, based on hypothesis test by using t-test then Teams Games Tournament learning method is effective to student learning result of science.

Keywords: Learning Outcomes, Teams Games Tournament, earth aquarium


Full Text: PDF