Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA 8 SUB TEMA 2 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SAWAH BESAR 02 SEMARANG
Musafak Hulan Purnama, Djoko Purnomo, Filiaa Prima Artharia

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Expriment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa  kelas IV SDN Sawah Besar 02 Semarang. Sampel yang diambil adalah kelas IVA 17 siswa dan kelas IVB 20. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian pretest, posttest, dokumentasi, tes.  Berdasarkan hasil uji ketuntasan klasikal diperoleh jumlah siswa yang menguasai pembelajaran sesuai nilai KKM mencapai 75% pada kelas eksperimen pada kelas kontrol 53%. Dan berdasarkan hasil uji t diperoleh diperoleh thitung = 1,95 dengan dk =(n1+n2-2) =  dan peluang (1−𝛼) dari harga distribusi t diperoleh ttabel = 1,708 . berdasarkan kriteria pengujian bahwa H0 diterima jika nilai thitung<𝑡 1−𝛼 , karena berdasarkan hasil penelitian thitung> ttabel yaitu 1,95>1,708 maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di beri perlakuan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan scientificberbantu media video tutorial lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru-guru perlu meningkatkan kreativitas dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran dan media yang sesuai dengan materi agar tercapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan waktu dan tenaga.

Kata Kunci : Video tutorial, Hasil Belajar

 

Abstract

This research type is quantitative research in the form of True Expriment Design. The population in this study is the overall grade students of SDN Sawah Besar 02 Semarang. Samples taken are class IVA 17 students and class IVB 20. The research design used is Pretest-Posttest Control Group Design. The data of this study were obtained through research instruments pretest, posttest, documentation, test.  Based on the results of classical exhaustiveness test obtained the number of students who mastered the learning according to the KKM value reached 75% in the experimental class in the control class 53%. And based on result of t test is obtained tcount = 1,95 with dk = (n1 + n2-2) = and opportunity (1-α) from t distribution price obtained ttabel = 1,708. based on test criteria that H0 is accepted if tcount <t _ ((1-α)), because based on thitung> ttable that is 1.95> 1.708 then H0 is rejected, so it can be concluded that student learning outcomes are treated with learning using approach scientific help of video tutorial media better than the student learning outcomes given the conventional learning model. Suggestions that researchers can convey should teachers need to improve creativity in choosing and using learning models and media that fit the material to achieve the expected goals. This research is still far from perfection due to time and energy constraints.

Keywords: Video tutorial, Learning Outcomes


Full Text: PDF