Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
MODEL RECIPROCAL LEARNING BERBASIS FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD
Apriani Tri Susilawati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang belum menggunakan model dan metode yang efektif sehingga kemampuan membaca nyaring siswa masih kurang.Penelitian bertujuan untuk menerapkan model Reciprocal Leranng berbasis Field Trip terhadap kemampuan membaca nyaring pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sidokumpul Demak. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian ini menggunakan Pre – Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang akan diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul. Adapun sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah semua anggota populasi yang berjumlah  siswa. Dan sampling yang digunakan dalam penlitian ini adalah semua anggota populasi yang  digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian terhadap membaca nayering menunjukkan bahwa data pretet dan posttest ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca secara pretest sebesar 16,67% sedangkan posttest sebesar 100%. Dengan demikian ada peningkatan kemampuan membaca nyaring sebesar 83,33% pada siswa dengan menggunakan model Reciprocal Learning berbasis Field Trip. Berdasarkan hasil data uji normalitas dengan dk = 6-1 = 5 dan taraf signifikan α = 5% diperoleh t tabel = 0,2dan t hitung = 0,17. Karena t hitung< t tabel yaitu 0,17<0,2, maka H0 diterima dan berdistribusi normal. Bahwa model pembelajaran Reciprocal Learning berbasis Field Trip efektif terhadap kemampuan membaca nyaring siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul Demak. Dengan nilai pretest rata-rata 55,21dan nilai posttest rata-rata 88,54.

Kata Kunci : Model reciprocal learning berbasis field trip, Kemampuan Membaca Nyaring

 

Abstrack

Background research by learning activities that have not used the model and effective methods so that the ability to read aloud students are still lacking. The research aims to apply the Field Trip Reciprocal Leranng model to the ability to read aloud the fourth grade Indonesian language of SD Negeri Sidokumpul Demak. This type of research is quantitative with the design of this study using Pre-Experimental Design with the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The population that will be taken in this research is all fourth grade students of SD NegeriSidokumpul. The sample to be taken in this study is all members of the population of students. And the sampling used in this study is all members of the population used as samples. Based on the results of the study of loud reading shows that the data pretest and posttest this shows peresentase increase in ability to read loud on pretest of 16.67% while the posttest of 100%. Thus there is an increase in the ability to read aloud 83.33% in students using a learning model based on field trip reciprocal learning. Based on the results obtained by the normality data reading test data with dk = 6-1 = 5 and significant level α = 5% obtained ttable = 0.2 and tcount = 0.17. Since thitung <ttableyaitu 0.17 <0.2, then H0 is accepted or the data is normally distributed. This means that the learning model of reciprocal learning based on field trip is effective on the ability to read aloud fourth grade students of SD Negeri Sidokumpul Demak. With an average pretest score of 55.21 and an average posttest score of 88.54.

Keywords: Field trip reciprocal learning model, Ability to read loud

 


Full Text: PDF