Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BOOKLET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alfi Chasanah, Diana Endah Handayani, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning berbantu media Booklet untuk kegiatan pembelajaran mata pelajaran sains siswa kelas V SD Negeri Kangkung 01 Mranggen. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental design dengan one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kangkung 01 Mranggen  tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas V dengan teknik Non Probability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi dan kuesioner. Hasil perhitungan lembar observasi kegiatan belajar diperoleh t hitung (79.909) > t tabel (1.699) maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang membuktikan bahwa pengaruh signifikan antara kegiatan belajar kelas eksperimen pada kegiatan pembelajaran siswa Kelas V Mata pelajaran sains SD Negeri Kangkung 01 Mranggen. Hal ini didukung oleh peningkatan 30,51% pada hasil belajar siswa.

Kata kunci: Project Based Learning, Booklet, Aktivitas

 

Abstract

The objectives to be achieved in this research is to know the effectiveness of model of Learning Based Learning Project booklet to the learning activity of V grade students science subjects SD Negeri Kangkung 01 Mranggen. This research method is Pre-Experimental design with one group pretest postest design. The population in this study were all students of SD Negeri Kangkung 01 Mranggen 2016/2017 academic year which amounted to 30 students. Samples taken were 30 students of class V using Non Probability Sampling technique. The data in this research is obtained through test, documentation, observation and questionnaire. The result of the calculation of learning activity observation sheets obtained t arithmetic (79,909)> t table (1,699) then it can be said Ho rejected and Ha accepted that proved that significant influence between experimental class learning activities on the learning activities of Class V students science subjects SD Negeri Kangkung 01 Mranggen. This is supported by an increase of 30.51% in student learning outcomes.

Keywords : Project Based Learning, Booklet, Activity


Full Text: PDF