Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL SFAE BERBANTU MEDIA 3D WATER CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
Dian Al Hikmah, Diana Endah Handayani, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model SFAE yang Dibantu oleh Media Siklus Air 3D pada Hasil Belajar Siswa Kelas V SD DaQu Semarang. Jenis penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD DaQu Semarang pada Pelajaran 2016/2017 dengan masing-masing sampel 12 siswa kelas V A dan V B dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Perhitungan hasil belajar kelas eksperimen adalah nilai t (2,894)> t tabel dk = n1 + n2-2 = 12 + 12- 2 = 22 dengan tingkat signifikansi 5% (2,074) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang membuktikan Pengaruh signifikan antara Pretest dan Postest terhadap hasil belajar siswa sains kelas V SD DaQu Semarang. Sedangkan kelas kontrol memperoleh t hitung (2.143) <t tabel (2.074) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak yang ternyata tidak berpengaruh signifikan antara Pretest dan Postest terhadap hasil belajar siswa sains kelas V SD DaQu Semarang. Hasil perhitungan aktivitas pembelajaran didapatkan nilai t (2.789)> t tabel (2,074) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang membuktikan pengaruh signifikan antara aktivitas belajar kelas eksperimen terhadap aktivitas belajar kelas kontrol pada kelas V SD DaQu Semarang .

Kata kunci: Model SFAE, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar.

 

Abstract

The purpose of this research is to know the effectiveness of SFAE Model Helped by 3D Water Cycle Media on Student Learning Outcomes of Class V SD DaQu Semarang. This type of research is Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this study were all elementary students of DaQu Semarang in Lesson 2016/2017 with each sample of 12 students of class V A and V B by using purposive sampling technique. Data obtained from tests, observations, documentation, and interviews. The calculation of learning result of the experimental class is t value (2,894)> t table dk = n1 + n2-2 = 12 + 12- 2 = 22 with significance level 5% (2.074) so Ho is rejected and Ha accepted which proves significant influence between Pretest and Postest on the learning outcomes of science students of grade V SD DaQu Semarang. While the control class obtained t count (2.143) <t table (2.074) so that Ho accepted and Ha rejected that proved no significant influence between Pretest and Postest on the learning outcomes of science students of grade V SD DaQu Semarang. Learning activity calculation result got t value (2,789)> t table (2,074) so that Ho is rejected and Ha accepted which proves significant influence between experiment class learning activity toward control class learning activity at grade V SD DaQu Semarang..

Keywords: SFAE Model, Learning Outcomes, Learning Activity.


Full Text: PDF