Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
ENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD NEGERI 04 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN
Ike Yulistiana, Soegeng Soegeng, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung masih terpusat pada guru, sehingga siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tidak adanya media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran agar lebih menarik dan hasil belajar bahasa indonesia belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan metode struktural analitik sintetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I SDN 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian berbentuk  posttestonly control design. Hasil analisis data menunjukkan signifikan antara metode struktural analitik sintetik terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut ditunjukan dengan uji-t diperoleh dk 48 dengan  thitung = 6,945 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,010, sehingga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dan 𝐻0 ditolak atau 𝐻𝑎 diterima. Jadi, disimpulkan bahwa metode pembelajaran  struktural analitik sintetik berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa  kelas I SDN 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan .

Kata Kunci: metode struktural analitik sintetik dan hasil belajar bahasa Indonesia

 

Abstract

There was a problem in learning process, so it was be the background of the study. The center of teaching learning process was the teacher, so it made the students had low achievement and paticipation in learning process. There was no media to support teaching learning process in order that the students were interested. The students’ result scores in bahasa Indonesia didn’t reach the KKM. The objectives of the study was to find and to analyze there is a significant difference of synthetic analytic stuctural method in students’ result of bahasa Indonesia grade 1 SDN 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan. This study was experimental research. The research design was posttest-only control design. The analysis result showed that there was significant different between synthetic analytic stuctural method in grade I SDN 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan. It can be seen using t-test with dk 48 and t-value = 6,945 and percentage of t-table 5% was 2,010. So, t-value > t-table and 𝐻0 was rejected or 𝐻𝑎 was accepted. So, it can be concluded that synthetic analytic stuctural method had good effect and influence in students’ result of bahasa Indonesia grade 1 SDN 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Keywords: synthetic analytic stuctural method and bahasa Indonesia learning outcomes


Full Text: PDF