Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA RODA TOKOH PEJUANG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 01 KALIAMAN
Asharuddin Latif, Filia Prima Artharina, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Media Roda Tokoh Pejuang terhadap motivasi belajar ips siswa kelas V SD Negeri 01 Kaliaman ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari penerapan model Team Assisted Indiviualization (TAI) berbantu media Roda Tokoh Pejuang pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 01 Kaliaman. Desain penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Data analisis melaluiย  tahap uji normalitas dan uji-t serta uji korelasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Team assisted Individualization (TAI) berbantu media Roda Tokoh Pejuang berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 01 Kaliaman. Hal ini dapat dilihat pada analisis uji hipotesis diperoleh hasil ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” lebih besar dari ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ย  yaitu 21,2 > 1,70 pada taraf signifikan 5% . Sedangkan uji korelasi di peroleh r = 0,62631479, dengan demikian hipotesis diterima yang berarti memperoleh hubungan antara motivasi belajar siswa dengan model Team Assisted Individualization (TAI) berbantu media Roda Tokoh Pejuang.

Kata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar.

ย 

Abstract

The problem in this research is any influence of team assisted individualization (TAI) study by using media learning wheel of fighters toward the motivation to learn IPS student class V SD Negeri 01 Kaliaman ? The purpose of the study is knowing whether or not there is a significant effect of the application of team assisted individualization (TAI) study by using media learning wheel of fighters toward the motivation to learn IPS student class V SD Negeri 01 Kaliaman. The research form used pre experimental design with one group pretest-posttest design. Data collection method in this research that is interview, questionnaire, observation, and documentation. Data analysis through the normality test stage, t-test and correlation test. The results of this study can be concluded that team assisted individualization (TAI) study by using mediaย learning wheel of fighters effect on motivation to learn IPS student class V SD Negeri 01 Kaliaman. This can be seen in the hypothesis test is obtained tcount greater than ttable is 21,2 > 1,70 at significant level 5 %. While the correlation test is obtained r = 0,62631479, thus the hypothesis is accepted which means obtaining the relationship between students leraning motivation with team assisted individualization (TAI) study by using media learning wheel of fighters.

Keywords : Influence, learning model, instructional media, learning motivation


Full Text: PDF