Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SDN JOMBLANG 01 SEMARANG
Ghofar Alfarisi, Harto Nuroso, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya  kesulitan belajar yang  dialami  siswa dan kesulitan guru dalam mengajarkan IPA  yang berdampak pada hasil belajar siswa yang masih sangat rendah. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut, tentu saja banyak faktor yang menyebabkan, misalnya masalah klasik tentang penerapan metode  pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru (teacher center), sehingga  siswa cenderung pasif mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model Experiential Learning dan siswa yang dibelajarkan  dengan  pembelajaran konvensional di kelas V SDN Jomblang 01 Semarang. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data analisis dengan t-test melalui  tahap uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung menggunakan uji-t dan uji ketuntasan belajar. Untuk perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 4,924  dan ttabel 1,684. Karena             thitung  > ttabel maka H0 ditolak artinya Ada pengaruh hasil belajar siswa kelas V yang menggunakan model Experiential Learning dengan hasil belajar yang tidak menggunakan model Experiential Learning. Selain itu, pada perhitungan ketuntasan belajar klasikal pada posttest menunjukkan pencapaian sebanyak 75% dari yang diharapkan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 90%. Hal ini terjadi karena diterapkannya pembelajaran menggunakan model Experiential Learning pada kelas eksperimen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Experiential Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Jomblang 1 Semarang.

Kata Kunci: model Experiential Learning, hasil belajar

 

Abstract

This research is based on learning difficulties experienced by students and teachers difficulties in teaching science that impact on student learning outcomes are still very low. The low learning outcomes of students, of course, many factors that cause, such as the classical problem of the application of science learning methods that are still centered on the teacher (teacher center), so that students tend to passively listen to teacher explanations. This study aims to determine whether there is influence of the The objective of this research is to know the influence of the result of learning science between students that are taught by experiential learning and the students that are taught by conventional learning in fifth grade of Elementary school of Jomblang 01 Semarang. The research design used True Experimental design the type is pretest-posttest control group design. The methods of collecting the data in the research are interview, observation, test, and documentation. Analysis data with t-test through the step of normality test and homogeneity test. The result of the analysis of the improvement in the result of students’ learning that is calculated by t-test and completeness study test. For the calculation of t-test it gains tcount 4,924 and ttable 1,684. Because tcount > ttable so H0 is rejected, it means there is influence in the result of learning by the students in fifth grade that is used experiential learning with the result of learning without used experiential learning. Moreover, in the calculation of classical completeness study in the post test shown the achievement gain 75% from the expectation in the experimental class gain 90%. It happens because of applying the learning process used experiential learning in the experimental class. Because of that, it can conclude that the use of experiential learning can influence the result of students’ learning in science of fifth grade Elementary School of Jomblang 01 Semarang.

Keyword: experiential learning model, the result of learning,


Full Text: PDF