Last modified: 2018-03-12
Abstract
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Word Square Berbantu Permainan Tradisional Dakon terhadap Hasil Belajar Materi Gaya Tujuan Pada Kelas IV SDN 02 Kaliputu Kabupaten Kudus?” yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Word Square berbantu media Dakon terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Kudus, dimana SDN 02 Kaliputu Kudus kelas IV menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil analisis data penelitian kriteria dengan daya beda =10 diantara signifikan 5% maka diperoleh nilai ttabel=2,160. Setelah dilakukan perhitungan uji t diperoleh nilai thitung=2,570. Karena diperoleh nilai thitung>ttabel atau 2,570>2,160 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantu permainan tradisional dakon untuk meningkatkan hasil belajar materi gaya bagi siswa kelas IV SDN 02 Kaliputu Kudus. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Word Square berbantu permainan tradisional dakon dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci: Model pembelajaran Word Square, Permainan Tradisional Dakon, Hasil belajar