Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GAYA PADA KELAS IV SDN 02 KALIPUTU KABUPATEN KUDUS
Winda Claudia Illania

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Word Square Berbantu Permainan Tradisional Dakon terhadap Hasil Belajar Materi Gaya  Tujuan Pada Kelas IV SDN 02 Kaliputu Kabupaten Kudus?” yang hendak dicapai dalam  penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Word Square berbantu media Dakon terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design  dengan desain One  Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Kudus, dimana SDN 02 Kaliputu  Kudus kelas IV menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil analisis data penelitian kriteria dengan daya beda =10  diantara signifikan 5% maka diperoleh  nilai ttabel=2,160. Setelah dilakukan perhitungan uji t diperoleh nilai thitung=2,570. Karena diperoleh nilai thitung>ttabel atau 2,570>2,160  maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantu permainan tradisional dakon  untuk meningkatkan hasil belajar  materi gaya bagi siswa kelas IV SDN 02 Kaliputu Kudus. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran  Word Square berbantu  permainan tradisional dakon dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.  Kata Kunci: Model pembelajaran Word Square, Permainan Tradisional Dakon, Hasil belajar


Full Text: PDF