Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA TONGKAT SIMULASI (TONGSIS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN CANDI 01 SEMARANG
Lina Rusmala Dewi, Aries Tika Damayani, Rofian Rofian

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang masih dibawah rata-rata pada siswa kelas II SDN Candi 01 Semarang. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang memperhatikan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran snowball throwing berbantu media tongkat simulasi (tongsis). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari penggunaan model pembelajaran snowball throwing berbantu media tongkat simulasi (tongsis) pada siswa kelas II. Berdasarkan dari koefisien uji t sebesar 2,059 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5%. Peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantu media tongkat simulasi (tongsis) sebelum diberi perlakuan adalah 63,85 yang berarti kurang dari KKM dan nilai rata-rata setelah diberi perlakuan adalah 83,65 yang berarti sudah memenuhi KKM. Selisih ratarata kenaikannya sebesar 19,80.

Kata kunci : Snowball throwing, tongkat simulasi, hasil belajar Matematika

 

Abstract

This research is motivated by the results of learning mathematics that is still below average in grade II students SDN Candi 01 Semarang. This is because students are less attention and less active in following the learning. Therefore, it is necessary to study the snowball throwing model with the help of media of simulation stick (tongsis). This type of research is quantitative research. The research design used in this research is Pre-Experimental Design with the form of One Group Pretest-Posttest Design. The results of data analysis showed that there was an increase in learning outcomes from the use of snowball throwing learning model using simulated stick media (tongsis) in grade 2 students. Based on the t test coefficient of 2.059 and the coefficient is significant at the 5% level. The mean improvement of learning result of mathematics of student using learning model of snowball throwing with media aid of simulation rod (tongsis) before being treated is 63,85 which means less than KKM and the mean value after treatment is 83,65 which mean already fulfill KKM. The average difference is an increase of 19.80.

Keywords: Snowball throwing, wand simulation, Mathematics learning result


Full Text: PDF