Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA SOS (SCRET OF SCREEN) BERBANTU POWER POINT PADA MATERI TOKOH – TOKOH BANGSA DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Panji Maleo, Qoriati Mushafanah, Fine Reffiane

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif serta tidak adanya variasi media pembelajaran dalam mengoptimalkan motivasi siswa. Terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran berlangsung dan juga kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan kurangnya  kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran di kelas membuat siswa menjadi jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Kejenuhan siswa dalam pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan produk yang dikembangkan yaitu media SOS (Scret of Screen) dan dapat diterapkan pada materi tokoh–tokoh bangsa dalam mempersiapkan kemerdekaan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Media ini diujicobakan di 3 Sekolah Dasar yaitu SD Negeri Rejosari 01 Semarang, SD Negeri Mlatiharjo 02 Semarang, dan SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang. Data dalam penelitian ini melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dari kedua ahli media rata-rata persentasenya yaitu 95%. Hasil validasi dari kedua ahli materi  rata-rata persentasenya yaitu 88,5%. Hasil analisis dari respon guru dan siswa, yaitu hasil respon guru kelas V dari ketiga SD didapat hasil rata-rata persentasenya sebanyak 88,46%. Hasil respon siswa kelas V dari ketiga SD didapat hasil rata-rata persentasenya yaitu 91,75%.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Media SOS (Scret of Scren)

 

Abstract

This study is based on the low understanding and motivation of student learning. This is due to the lack of effective learning and the absence of variations in learning media in optimizing student motivation. There are some students who pay less attention to teacher explanation during the learning process and also less active students in following the learning. This is due to the lack of creativity of teachers in designing learning in the classroom to make students become saturated in following the learning. The saturation of students in learning affects the students' learning outcomes are less satisfactory. Type This research is research and development with developed product that is SOS media (Scret of Screen) and can be applied to material of national figures in preparing independence for grade V students of Elementary School. This media is tested in 3 Primary Elementary School namely Rejosari 01 State Elementary Semarang, SD Negeri Mlatiharjo 02 Semarang, and SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang. Data in this study through observation, questionnaires and documentation. The results obtained from the media validation of both media experts average percentage of 95%. Validation results from both material experts averaged the percentage of 88.5%. The result of analysis from teacher and student response, that is result of response of class V teacher from third elementary school result obtained by mean of equal to 88,46%. The result of class V responses from the third elementary school obtained the average result is 91.75%

Keywords: Development, Learning Media, Media SOS (Scret of Screen)


Full Text: PDF