Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA ROTAN (ROLET TANYA) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA, GERAK DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SIWALAN SEMARANG
Danang Arifianto, Pratjojo Pratjojo, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa media Rotan (Rolet Tanya) pada mata pelajaran IPA materi gaya, gerak dan energi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Rotan (Rolet Tanya). Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D). Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna"   1236  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui validasi ahli media dan ahli materi tahap 1 oleh Ibu Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd., diperoleh presentase media sebesar 73,33% dan materi sebesar 85,33%, oleh Bapak Asep Ardiyanto, M.Or., sebesar 72% dan 76%, oleh Bapak Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd., sebesar 73,33% dan 74,66%. Hasil validasi tahap 2 oleh Ibu Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd., diperoleh presentase media sebesar 84% dan materi sebesar 90,66%, oleh Bapak Asep Ardiyanto, M.Or., sebesar 96% dan 87,11%, oleh Bapak Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd., sebesar 96% dan 94,66%. Diperoleh rata-rata validasi media tahap 1 oleh ketiga ahli yaitu sebesar 72,88% sedangkan rata-rata validasi media tahap 2 sebesar 92,44%. Untuk rata-rata hasil penilaian validasi materi tahap 1 oleh ketiga ahli diperoleh sebesar 78,22%, sedangkan rata-rata validasi materi tahap 2 sebesar 92,88%. Hasil analisis motivasi belajar siswa sebelum menggunakan mediaRotan (Rolet Tanya) sebesar 64,48%, sedangkan setelah menggunakan media Rotan (Rolet Tanya) meningkat sebesar 82,92%. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan media Rotan (Rolet Tanya) sebesar 59 sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif setelah menggunakan media sebesar 82,12. Angket tanggapan 40 siswa terhadap media Rotan (Rolet Tanya) diperoleh presentase sebesar 97,25% yang berada pada kriteira sangat baik (sangat layak) digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan media Rotan (Rolet Tanya) pada mata pelajaran IPA materi gaya, gerak dan energi layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Media Rotan (Rolet Tanya), Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

 

Abstract:

The purpose of this research is to develop learning media in the form of Rattan media (Rolet Tanya) on science subjects of force, motion and energy materials that are suitable for learning media and to know the effectiveness of Rattan Tanya (Rolet Tanya) usage. This research includes research development (R & D). The results of this study indicate that through the validation of media expert and material expert of stage 1 by Mrs. Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd., obtained a media percentage of 73.33% and the material of 85.33%, by Mr. Asep Ardiyanto, M.Or., by 72% and 76%, by Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd., by 73.33% and 74.66%. The 2nd stage validation result by Ms. Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd., obtained media percentage of 84% and material 90,66%, by Mr. Asep Ardiyanto, M.Or., equal to 96% and 87,11 %, By Mr. Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd., 96% and 94.66%. Obtained average media validation stage 1 by three experts that is equal to 72,88% mean media validation of stage 2 equal to 92,44%. For the average result of the material validation of the first stage of evaluation by the three experts, it was obtained at 78.22%, while the average of material validation of phase 2 was 92.88%. The result of student learning motivation analysis before using Rattan media (Rolet Tanya) was 64,48%, while after using Rattan media (Rolet Tanya) increased by 82,92%. Average cognitive learning outcomes of students before using Rattan media (Rolet Tanya) for 59 while the average cognitive learning outcomes after using the media amounted to 82.12. Questionnaire feedback 40 students to the media Rattan (Rolet Tanya) obtained a percentage of 97.25% which is in kriteira very good (very feasible) used in learning. Based on these data can be concluded Rattan media (Rolet Tanya) on science subjects of style materials, motion and energy worthy of use as a medium of learning and can improve learning motivation and student learning outcomes.

Keywords: Media Rotan (Rolet Tanya), Learning Media, Learning Motivation

 

 


Full Text: PDF