Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUTAKSIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR
Kukuh Adi Prasetio, Sukamto Sukamto, M. Yusuf Setia Wardana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media game edutaksia yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di dalam pembelajaran IPS.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini menunjukkan hasil validasi dari ahli media sebesar 97,66% dan untuk ahli materi sebesar 83,93% yang berada pada tingkat kevalidan sangat baik. Uji kepraktisan dengan menggunakan angket tanggapan diperoleh persentase rata-rata untuk angket tanggapan siswa 90,63% dan untuk angket tanggapan 96,25% guru yang berada pada tingkat kepraktisan sangat baik. Berdasarkan uji keefektifan diperoleh rata-rata nilai posttest siswa kelas eskperimen sebesar 76,43 dan kelas kontrol sebesar 63,81. Pada uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung= 4,202 dan ttabel= 2,021, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai posttest siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media game edutaksia merupakan media yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan di dalam pembelajaran IPS.

Kata kunci : media pembelajaran, game edutaksia, penelitian dan pengembangan

 

Abstract

The purpose of this research is to develop edutaksia game media that is valid, practical, and effective to be used as learning media in IPS learning. This research is a research and development (RnD). This study shows the validation results from the media experts of 97.66% and for the material experts of 83.93% who are at the level of validity and very good. Practical test using questionnaire obtained average percentage for student responses 90.63% and for questionnaire responses 96.25% of teachers who are at the level of practicality is very good. Based on the effectiveness test, the mean value of posttest of students of experimental class is 76,43 and control class is 63,81. In hypothesis test conducted by using t test, obtained thitung = 4.202 and ttabel = 2.021, because thitung > ttabel then H0 is rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the average posttest grade of the experimental class is better than the average posttest grade of the control class students. Based on the results of this study can be concluded that media game edutaksia is a valid media, practical, and effective for use in learning social studies.

Keyword : learning media, game edutaksia, research and development


Full Text: PDF