Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PANDEAN LAMPER 01
Elvina Veranita, Agung Handayanto, Singgih Adhi Prasetyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Kurangnya keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas dan kurangnya siswa dalam mengeluarkan pendapatnya berdampak pada rendahnya hasil belajar IPS. Penggunaan model dan media yang inovatif akan mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran dan media yang dapat digunakan adalah model pembelajaran mind mapping dan media flash card. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran mind mapping berbantu media flash card terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Pandean Lamper 01. Bentuk penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan posttest only control design. Subjek penelitian adalah 57 siswa kelas VA dan kelas VB SDN Pandean Lamper 01 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,631 dengan dk = 55 didapat ttabel sebesar 1,6730. Karena thitung  > ttabel sehingga rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantu media flash card efektif.

Kata Kunci: mind mapping, flash card, hasil belajar

 

Abstract

Lack of students while attending learning in the classroom and the lack of student expressed their opinions have an impact on the low learning outcomes of IPS. The use of innovative models and media will affect student learning outcomes. One of the leraning model and media that can be used is mind mapping and flash card. The purpose of this study is to determine the effectiveness of mind mapping study by using flash card toward students learning process on IPS in V grades of SDN Pandean Lamper 01. The research form used is true experimental design with posttest only control design. The subjects of the study were 57 students of VA class and VB class of SDN Pandean Lamper 01 Semarang. The results showed that the final analysis that has been done by using ttest obtained tcount 2,631 with dk = 55 obtained ttable 1,6730. Because tcount > ttable so that the average of experiment class is better than control class. Thus, it can be concluded that learning IPS by using mind mapping study of flash card is effective.

Keywords: mind mapping, flash card,  Learning Result


Full Text: PDF