Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI CURUG KABUPATEN GROBOGAN
Rohani Kusuma, Suyitno Suyitno, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal dan masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, serta belum diterapkannya model pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif word square dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran. Dalam proses belajar, siswa sangat antusias mengikuti pelajaran.   Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar implementasi model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN Curug Kabupaten Grobogan?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar implementasi model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN Curug Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Teknik analisis data dengan analisis data awal (pretest) dan analisis data akhir (posttest) yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Curug Kabupaten Grobogan. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat disampaikan adalah agar dapat diterapkannya model pembelajaran word square dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar

 

Abstract:

This research is motivated by the lack of students' understanding of the material presented, especially on the subjects of Social Science (IPS) that have an impact on the learning outcomes of students who are less maximum and still do not meet the minimum mastery criteria, and not yet applied cooperative learning model in the learning process. Learning by applying word square cooperative learning model can improve understanding of learning materials. In the learning process, students are very enthusiasticto follow the lesson. The problem in this research is "How big the implementation of word square learning model can improve the learning result of IPS in 5th grade student  SDN Curug Grobogan Regency?”. The goal to be achieved in this research is to find out how big the implementation of word square learning model can improve learning result of IPS in 5th grade student SDN Curug Grobogan Regency. This type of research is quantitative. The research design used is PreExperimental Design with one group pretest-posttest design. Thus can be concluded that the model of word square learning can improve student learning result in 5th grade student SDN Curug Grobogan Regency.Based on the results of research, the suggestion that can be submitted is that can be applied word square learning model in learning IPS to improve student learning result.

Keywords: Word Square Learning Model, Learning Outcomes


Full Text: PDF