Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MEDIA BIYAS MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN PEDURUNGAN KIDUL 02 SEMARANG
Erika Nuril Izza, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berlangsung di SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang tertarik dalam pembelajaran, keterbatasan media yang ada di sekolah serta hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA yang masih rendah. Penelitian menggunakan metodologi penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian ini adalah soal Pretest dan soal Posttest yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 69,079, rata-rata nilai posttest sebesar 82,5 kemudian hasil analisis N-gain diperoleh hasil 0,473 yang termasuk dalam N-gain kategori sedang. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah implementasi media biyas dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang.

Kata kunci: Implementasi, Media Pembelajaran Biyas, siswa SD Kelas V, Pembelajaran IPA Materi Gaya Gesek.

 

Abstract

This research is motivated by the learning that took place in SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang still using the lecture method so that students are less interested in learning, the limitations of media in schools and students' learning outcomes in science subjects are still low. The research used experimental research methodology with Pre-Experimental Design design with one group pretest-posttest design. The instrument of this study is a matter of Pretest and Posttest problem which is analyzed using N-Gain test. The results showed that students obtained an average pretest value of 69.079, the average posttest value of 82.5 then the results of N-gain analysis obtained results 0.473 which is included in the medium category N-gain. The conclusion of these results is the implementation of biyas media can improve the learning outcomes of science students of grade V SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang.

Keywords:  Implementation, Biyas Learning Media, Grade V Elementary Student, Science Lesson on Material of Swipe Style


Full Text: PDF