Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTU CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 1 PENGANTEN
Novita Marandhi Putri

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran menggunakan model Student Teamns Achievement Divisions (STAD) berbantu CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Penganten tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah dari semua anggota populasi sebanyak 24 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 29,9%, sedangkan ketuntasan belajar siswa setelah siberikan perlakuan sebesar 83,4%. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji t. Uji normalitas awal diperoleh Lo= 0,1331 dengan n = 24 dan taraf nyata α = 0,05 dari daftar nilai kritis L di dapat Ltabel = 0,173. Perhitungan uji normalitas dapat dikatakan berdistribusi normal jika Lo < Ltabel. Karena hasil uji normalitas pretest  0,1331 < 0,173 maka data pretest  kelas eksperimen berdistribusi normal. Hasil uji normalitas posttest kelas eksperimen diperoleh Lo = 0,133033 dengan n = 24 dan taraf nyata α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perhitungan uji normalitas posttest kelas eksperimen berdistribusi normal karena 0,133033 < 0,173. Setelah dilakukan analiasis data nilai hasil belajar siswa diperoleh thitung = 6,446 dan ttabel = 1,711. Karena 6,446 > 1,771 maka hal ini menunjukkan  hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Student Teams Achievment Divisions (STAD) berbantu CD interaktif meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Penganten. Kata-kata kunci: model Student Teamns Achievement Divisions (STAD), CD Interaktif, hasil belajar.


Abstract

This study aims to describe learning using the model. Team Student Achievement Division (STAD) assisted interactive CD can improve student learning outcomes. This type of research is quantitative research in the form of Pre Experimental Design with the design of One Group Pretest Posttest Design. The study population is all students of class V SD Negeri 1 Penganten academic year 2016/2017. Samples taken are from all members of the population of 24 students. Data in this study. The results showed the students 'learning completeness before the treatment was given 29.9%, while the students' learning mastery after the play was 83.4%. The data analysis used is normality test using Liliefors test and t test. The initial normality test yields Lo = 0.1331 with n = 24 and the real level of α = 0.05 from the list of critical values L in can Ltabel = 0.173. Normality test calculations can be said to be normally distributed if Lo <Ltabel. Pretest normality test results 0.1331 <0.173 then the data pretest of the experimental class is normally distributed. The result of posttest normality test of experimental class is divided Lo = 0,133033 with n = 24 and the real level α = 0,05. Can be concluded. The posttest normality test result of the experimental class is normally distributed because 0.133033 <0.173. After done analiasis data student learning result obtained tcount = 6,446 and ttable = 1,711. Because 6.446> 1.771 then this shows the student learning outcomes increase. Based on the results of the study, it can be concluded with the learning with the Student Team Team Achievement Division (STAD) assisted interactive CD improve the results of science learning class V SD Negeri 1 Penganten Keywords: Student Teamns Achievement Divisions (STAD) model, Interactive CD, learning outcomes.

 


Full Text: PDF