Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA DARTA (DAM-DAMAN KARTU PERINTAH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIFAT BANGUN DATAR1
Muhamad Najwa Presta, Rofian Rofian, Joko Siswanto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran Darta (dam-daman kartu perintah) terhadap hasil belajar materi sifat bangun datar matematika siswa kelas V SDN Delik 03 Kabupaten Semarang tahun 2016/2017. Media Darta adalah sebuah media berbentuk permaianan tradisional yang dikolabrasikan dengan kartu perintah. Media Darta menjadi solusi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika di SDN Delik 03 Kabupaten Sernarang. Penelitian ini didasari rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya media pembelajaran yang baik dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan desain penelitian one group pretets-posttets design.   Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas dan tahap kedua yaitu uji normalitas dan uji banding pretest-posttest (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Darta (dam-daman kartu perintah) berpengaruh terhadap hasil belajar materi sifat bangun datar matematika siswa kelas V SDN Delik 03 Kabupaten Semarang.

 

Abstract

This result aims to find out how big the influence of the use of learning media Darta (dam-daman command card) to the results of learning materials mathematical properties of students of grade V SDN Delik 03 Semarang regency in 2016/2017. Media Darta is a traditional gamelan media that is consolidated with a command card. Media Darta became the solution to the problem of the low mathematics learning result at SDN Delik 03 Sernarang Regency. This study is based on the low learning outcomes of Mathematics students of class V. This is due to teacher-centered learning and lack of good learning media in optimizing the ability and motivation of students. The form of this research is quantitative research. The study used a one-pretet-posttet design research design. Data collection techniques in this study using observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis technique consists of two stages. The first stage is the normality test and the second stage is the normality test and pretest-posttest test (T test). The result of research shows that the use of Darta media (damdaman command card) has an effect on the result of learning material of mathematical wisdom of Grade V SDN Delik 03 Semarang.

Keywords: Darta Media, Learning Outcomes, Mathematics

 

 


Full Text: PDF