Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA SISWA KELAS V SDN PANDEANLAMPER 03 SEMARANG
Nia Ritna Sari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berangkat dari latar belakang, rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena siswa kurang suka membaca materi pelajaran, pasif dalam pembelajaran, kurang adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran . Pembelajaran dengan menggunakan media wayang kardus adalah salah satu solusi untuk dapat meningkatkan hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media wayang kardus berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia? Tujuam yamg hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh pengaruh media wayang kardus terhadap hasil belajar mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SDN PandeanLamper 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN PandeanLamper 03 Semarang dengan jumlah 58 siswa. Sampel yang diambil adalah 29 siswa kelas VA  dengan menggunakan teknik Probability Sampling berbentuk Cluster Sampling. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,355 dan ttabel=2, 355  jadi thitung> ttabel 355> maka Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa media wayang kardus berpengaruh terhadap hasil belajar mengidentifikasi unsur cerita kelas V SDN PandeanLamper 03 Semarang. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah supaya media wayang kardus dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih tertarik, aktif, dan merasa senang sehingga hasil belajar dapat mencapai KKM.


Full Text: PDF