Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA KAMON PADA TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEDUNGUTER 02 BREBES
Rizka Abadiah Susdin, Fajar Cahyadi, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Kurangnya alat pendukung kegiatan pembelajaran membuat siswa menjadi pasif sehingga menimbulkan kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media kamon merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kamon pada tema Sejarah Peradaban Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kedunguter 02 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berbentuk true eksperimental design dengan designΒ  posttest only control design. Dengan sampel sebanyak 50 siswa. Hasil analisis statistik dengan uji-t diperoleh thitung = 3,276 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,021, sehingga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dan 𝐻0 ditolak atau π»π‘Ž gagal ditolak. Jadi, disimpulkan bahwa penggunaan media kamon pada tema Sejarah Peradaban Indonesia efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kedunguter 02 Brebes.

Kata Kunci: media pembelajaran kantong, media tiga dimensi, hasil belajar

Β 

Abstract

Lack of supporting tools of learning activities make students become passive so as to cause difficulties in achieving learning objectives. The use of kamon media is one solution to improve student learning outcomes. This study aims to determine the effectiveness of kamon media on the theme of the History of Indonesian Civilization on the results of students of class V SD Negeri Kedunguter 02 Brebes. The type of this research is experimental research in the form of true experimental design with posttest only design design. With a sample of 50 students. The result of statistical analysis with t-test obtained tcount = 3.276 and ttable with 5% significance level of 2.021, so tcount> ttable and H0 rejected or Ha failed to be rejected. Thus, it is concluded that the use of kamon media on the theme of the History of Indonesian Civilization effective toward the results of students of class V SD Negeri Kedunguter 02 Brebes. Keywords: pocket learning media, three dimensional media, learning outcomes


Full Text: PDF