Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN MEDINI 01 DEMAK
Laila Amma Nashikha, Qoriati Mushafanah, Sukamto Sukamto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan  kemampuan berpikir kritis siswa. Caramengajar guru yang kurangvariatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa merasa cepat bosan ketika proses pembelajaran IPA berlangsung.Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan siswa karena dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah  sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dikelas dan kurang memahami secara menyeluruh mengenai pelaksanaan proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Rendahnya hasil belajar siswa, 2) kurangnya minat belajar yang dimiliki siswa, 3) penggunaan metode dan model oleh guru kelas. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Medini 01 Demak. Model yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) melalui model ini guru dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide , keterampilan cara berpikir, dan mengekspresikan ide. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil berpikir kritis siswa di beri perlakuan dengan model Group Investigation lebih baik dari pada hasil berfikir kritis siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional.

Kata Kunci  Model Pembelajaran Group Investigation, media Pop Up Book terhadap kemampuan berpikir kritis.

 

Abstract

The background of this study is the low learning outcomes and students' critical thinking skills. How to teach teachers who are less varied in teaching and learning activities so that students feel quickly bored when the science learning process takes place. This is due to the lack of effective learning in optimizing the ability of students because in learning teachers only use lecture methods that cause students less active in the class and less comprehensively the implementation of the learning process. The problems in this research are 1) the low of student learning result, 2) the lack of students' learning interest, 3) the use of method and model by the classroom teacher. The objective to be achieved in this research is to know the critical thinking ability of grade 5 students of SDN Medini 01 Demak. The model used in this lesson is the Group Investigation (GI) learning model through this model the teacher can help learners gain information, ideas, thinking skills, and express ideas. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design design. So it can be concluded that the results of critical thinking of students in treatment with Group Investigation model is better than the results of critical thinking of students who were given conventional learning methods.

Keywords: Learning Model Group Investigation, Pop Up Book media to critical thinking skills


Full Text: PDF