Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS IV SDN TANJUNGMOJO 01 KABUPATEN KENDAL
Tutik Choirina Rahmah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Kurang kreatifnya guru dalam memilih model dan metode dalam pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture berbantu media Puzzle ini diharapkan hasil belajar siswa khususnya kelas IV meningkat. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran picture and picture tema peduli terhadap makhluk hidup. Sample yang di ambil adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes evaluasi yang telah di uji validitas, reliabilitas,daya pembeda dan tingkat kesukarannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture berbantu media Puzzle yang dilakukan dengan uji hipotesis diperkuat dengan uji gain ternormalisasi yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa sebanyak 10 siswa atau 35,71% siswa mengalami kenaikan gain ternormalisasi berkategori tinggi pada hasil belajar siswa dan sebanyak 15 siswa atau 53,6% siswa mengalami kenaikan gain ternormalisasi berkategori sedang, dan 3 siswa atau 10,7% yang masih berkategori rendah.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, hasil belajar.

 

Abstract

Less creative teachers in choosing the models and methods in learning to be the background of this research. Through Model Learning Picture and Picture media help Puzzle this expected student learning outcomes especially grade IV increased. The goal to be achieved in this research is to know the influence of puzzle media on student learning outcomes after applied learning with the model of learning picture and picture the theme of care towards living creatures. Sample taken is a fourth grader who amounted to 28. Data collection methods used are interviews, observations, and tests. The instrument used is the evaluation test that has been tested the validity, reliability, distinguishing power and difficulty level. Based on the results of the study showed that learning using Picture and Picture Learning Model with Puzzle media which was done by hypothesis test was strengthened by normalized gain test conducted, it was found that as many as 10 students or 35.71% students experienced a higher normalized gain gain on the learning outcomes students and as many as 15 students or 53.6% of students experienced a moderate gain normalized gain, and 3 students or 10.7% are still categorized low.

Keywords: Picture and Picture Learning Model, learning outcomes.


Full Text: PDF