Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MIS MA’ARIF NU LAMBUR KABUPATEN PEKALONGAN
Cipto Raharjo, Suyitno Suyitno, Singgih Adhi Prasetyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Nilai rata-rata ulangan harian  yang belum mencapai KKM, Penggunaan model pembelajaran kurang variatif dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi alasan untuk melaksanakan penelitian. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Ma’arif NU Lambur Kabupaten Pekalongan. Terkait belum optimalnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam  maka diterapkan model Make a Match sebagai solusi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Make a Match terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V MIS Ma’arif NU Lambur Kabupaten Pekalonan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan teknik One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel  yaitu 12.890 > 2.0639  pada taraf α = 0,05. Kesimpulannya bahwa model Make a Match efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas V MIS Ma’arif NU Lambur Kabupaten Pekalongan.

Kata kunci: Model pembelajaran Make a Match, hasil belajar IPA.

 

Abstract

The average daily test score that has not reached the KKM, the use of less varied learning model in the implementation of learning becomes the reason for conducting research. Learning using the Make a Match learning model is one of the right solutions to improve student learning outcomes. This study aims to determine the effectiveness of Make a Match learning model on student learning outcomes of class V MIS Ma'arif NU Lambur Pekalongan District. Related to the not yet optimal results of Natural Science learning then applied Make a Match model as an effective learning solution. This study aims to determine the effectiveness of the Make a Match model on the learning outcomes of Natural Science class V MIS Ma'arif NU Lambur Pekalonan. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with OneGroup Pretest-Posttest Design technique. The sample of this research is 25 students. Data were analyzed using t test. Based on the result of t test, it is known that the result of data analysis is obtained tcount> ttable that is 12.890> 2.0639 at level α = 0,05. The conclusion that the Make a Match model is effective against the learning result of Natural Sciences of Grade V Students MIS Ma'arif NU Lambur Pekalongan Regency.

Keywords: model of Make a Match, learning outcomes IPA.


Full Text: PDF