Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 04 MEJOBO KUDUS
Rudi Prasetiya, Pratjojo Pratjojo, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan karena terbatasnya media yang mendukung proses pembelajaran, guru belum pernah menggunakan media pembelajaran Audio Visual (video) dan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika sehingga menjadikan siswa kurang aktif dan bersemangat dalam belajar.Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development  (R & D) yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 04 Mejobo Kudus sebanyak 23 siswa.  Data penelitian ini diperoleh dari angket ahli media, angket ahli materi, angket tanggapan guru, angket tanggapan siswa, dan hasil nilai pretest-posttest. Hasil analisis pada ahli media dan ahli materi sebesar 86% sangat layak dan angket tanggapan siswa sebesar 93% sangat layak. Hasil analisis nilai pretest-postest di SDN 04Mejobo Kudus yang awalnya nilai rata-rata pretest sebesar 53 menjadi 86 dengan selisih peningkatan sebesar 33 atau 62%. Hal ini menunjukkan bahwa mediaAudio Visual (video) memenuhi kritria valid, praktis dan efektif. Media Audio Visual (video) dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika materipenjumlahan dan pengurangan berbagai pecahan untuk siswa kelas V SDN 04 mejobo Kudus.

Kata kunci : pengembangan, media audio visual (video)

 

Abstract

The encouraging background of this research is the lack of students' understanding of mathematics learning. This is due to the limited media that support the learning process, the teacher has never used Audio Visual learning media (video) and low student learning outcomes in math lessons so that students are less active and eager in learning. This type of research is development or Research and Development (R & D) is a series of processes or steps in order to develop a new product or improve existing products in order to be accountable. Procedure of development in this research apply procedure of ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subjects of this study are the students of grade V at SDN 04 Mejobo Kudus as many as 23 students. The data of this study were obtained from media expert questionnaire, expert material questionnaire, teacher response questionnaire, student response questionnaire, and pretestposttest result. The analysis results of media experts and material experts of 86% is very reasonable and a questionnaire of 93% students' responses is very feasible. Result of pretestpostest value analysis at SDN 04 Mejobo Kudus which initially pretest average value 53 to 86 with difference of 33 or 62%. This indicates that Audio Visual (video) media meet the criteria valid, practical and effective. Audio Visual Media (video) can be used as a medium of mathematics material addition and reduction of various fractions for students of grade V SDN 04 Mejobo Kudus. Keywords: development, audio-visual media (video)

 


Full Text: PDF