Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PENA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELA V SDN SENDANGMULYO 02 SEMARANG
Irma Novrihastuti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Pada pembelajaran IPA kelas V di SDN Sendangmulyo 02 Semarang ditemui suatu fenomena dimana hasil belajar siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan kurang aktifnya siswa menyebabkan siswa pasif dan kurang memahami penjelasan guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media pena terhadap hasil belajar materi pesawat sederhana siswa kelas V SDN Sendangmulyo 02 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media pena terhadap hasil belajar materi pesawat sederhana siswa kelas V SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 17,899. Dari distribusi t dengan db=25-1=24 diperoleh 1,729. Karena thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning berbantuan media pena berpengaruh terhadap hasil belajar materi pesawat sederhana siswa kelas V SDN Sendangmulyo 02 Semarang”. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media pena, Pesawat Sederhana

Abstract

In learning science class V in SDN Sendangmulyo 02 Semarang encountered a phenomenon where the students' learning outcomes are still low, which is because at the time of learning the teacher does not use the model and also the media menraik that can cause students actively involved in learning. This study aims to determine the effectiveness of the Group Investigation model assisted traditional games on the results of science learning class V SDN Sendangmulyo 02 academic year 2016/2017. The method in this research is quantitative research. With experimental type true experiment. The design used is posttest only control design. Data collection techniques use observation, documentation, and tests. This test is a matter of post-test. The results showed that the significant effectiveness of the mean value of posttest control class is 55 while in the experimental class treated is 74. Based on the result of t-test analysis obtained tct = 3.6145. From the distribution list t with dk = 20 + 20 - 2 = 38 obtained 2,0244. Because thitung>ttabel then Ho is rejected and Ha accepted, so it can be concluded that "Model Group Investigation Assisted Traditional Games Effective on Learning Results Science Class V SD NegeriSendangmulyo 02 Semarang.

Keywords: Model Group Investigation, Traditional Game, Science Study Resu.

 


Full Text: PDF