Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTU MEDIA TAMASSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS V SD NEGERI SENDANGMULYO 02 SEMARANG
Yuliana Yuliana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan pemahaman konsep IPA siswa tuntas dengan model pembelajaran Scramble (2) Kemampuan pemahaman konsep siswa setelah mendapatkan pembelajaran model pembelajaran Scramble berbantu media Tamassi lebih baik dari sebelum diberi perlakuan dengan model Scramble berbantu media Tamassi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sendangmulyo 02 Semarang pada kelas VB yang berjumlah 30 siswa  dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble berbantu media Tamassi diperoleh thitung 6,592 > ttabel 1,699 maka HO  diterima berarti hasil ketuntasan kemampuan pemahaman konsep mencapai KKM 70 sedangkan pada uji banding kemampuan pemahaman konsep diperoleh thitung 13,105 > ttabel 2,045. Maka kemampuan pemahaman konsep IPA setelah menggunakan model pembelajaran Scramble berbantu media Tamassi lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran Scramble berbantu media Tamassi.

Kata kunci : Model Scramble, media Tamassi, kemampuan pemahaman konsep

 

Abstract

This study aims to describe (1) The ability to comprehend the concept of science IPA complete with Scramble learning model (2) The ability to understand the concept of students after getting learning model of learning Scramble Tamassi media aids better than before being treated with Scramble model assisted Tamassi media. This research was conducted at SDN Sendangmulyo 02 Semarang on VB class which amounted to 30 students with cluster random sampling technique. The research design used is one group pretest-posttest design. Based on the result of research data analysis after getting treatment by using learning model of Scramble assisted with Tamassi media obtained tcount 6,592> ttable 1,699 then HO accepted mean result of comprehension ability of concept comprehension reach KKM 70 whereas on appeal test of concept comprehension ability obtained t count -13,105> ttable 2,045. Then the ability of understanding the concept of science after using the learning model of Scramble-aided media Tamassi better than before using the learning model of Tamassi-aided media Scramble.

Keywords: Scramble model, Tamassi media, conceptual understanding ability


Full Text: PDF