Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL SAVI SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N PANDEAN LAMPER 05 SEMARANG
Endang Puspitasari, M Arief Budiman, Ferina Agustini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual) terhadaphasilbelajar IPA siswakelas V SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design tipe Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Sampel yang diambil adalah 72 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik Probability Sampling.Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil dokumentasi, tesdanobservasi.  Hasil penelitian diperoleh nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 73,39 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 85,11. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (5,45>1,994). Jadi nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh model SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Ketuntasan Belajar Individu sebesar 85,11% dan presentase Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 94,4%. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh model SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang.  Saran berdasarkan kesimpulan di atas pembelajaran dengan menggunakan model SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual) dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang.

Kata Kunci: Pengaruh, Model SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual), Hasil Belajar.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of SAVI model (Somatic Auditory Visual Intellectual) to the science learning outcomes of students of grade V SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design type PretestPostest Control Group Design. The population of this research is all students of class V SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. The samples taken are 72 students of VA and VB class by using Probability Sampling technique. Data in this research is obtained from the result of documentation, test and observation. The result of this research is posttest value in control class with average of 73,39 and posttest value in experiment class with average of 85,11. Based on result of analysis from result of learning of control class and experiment class by using t test obtained t calculate bigger than ttable (5,45> 1,994). So the value of tcount> ttable, so H0 rejected and Ha accepted so that there is influence of SAVI model (Somatic Auditory Visual Intellectual) to science learning result of class V student of SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Completed Learning Individuals of 85.11% and percentage of Completed Learning Classical by 94.4%. Thus it is concluded that there is influence of SAVI model (Somatic Auditory Visual Intellectual) to result of science learning of class V student of SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Suggestion based on the above conclusions of learning by using SAVI model (Somatic Auditory Visual Intelectual) can be used as an alternative to improve science learning outcome of SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang.

Keywords: Influence, SAVI Model (Somatic Auditory Visual Intelectual), Learning Outcomes.


Full Text: PDF