Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL CRH BERBANTU MEDIA ROPINBADA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Harum Puspita Sari, Ratna Wahyu Pusari, Sunan Baedowi

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena pada pembelajaran matematika materi bangun datar, siswa masih mengalami kesulitan, khususnya pada kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal tersebut ditandai ketika mengerjakan soal cerita tentang kemampuan pemecahan masalah matematika, siswa kurang mampu memahami masalah siswa kesulitan menggubah soal cerita ke dalam kalimat matematika. Kurangnya pemahaman siswa disebababkan karena guru kurang menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran. Pembelajaran menggunakan model CRH berbantu media roda pintar bangun datar (ROPINBADA) adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CRH berbantu media roda pintar bangun datar terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika  pada pembelajaran bangun datar kelas V SDN 4 Ngawen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre-Experimental Designs dengan desain One grup PretestPosttest Design. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil thitung>ttabel yaitu 6,362>2,060 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan model CRH berbantu media roda pintar bangun datar (ROPINBADA) terhadap  kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SDN 4 Ngawen.

Kata Kunci: model pembelajaran CRH, media roda pintar bangun datar (ROPINBADA), kemampuan pemecahan masalah matematika.

 

Abstract

This research is background because in learning mathematics of wake up matter, students still have difficulties, especially on math problem solving ability. It is marked when working on the problem of the problem of problem solving skills of mathematics, students are less able to understand the problem of students the difficulty of composing the story into a mathematical sentence. Lack of student understanding is caused because the teacher is less use of learning model and instructional media. Learning using CRH model auxiliary media wake wheel flat (ROPINBADA) is one of the right solutions to improve students' math problem solving skills. This study aims to determine the effect of CRH model assisted by the media of smart wake wheel on the ability to solve mathematical problems in the learning of the class V SDN 4 Ngawen. This type of research is an experimental research form Pre-Experimental Designs with the design of One group Pretest-Posttest Design. The sample of this research is 25 students. Data were analyzed using t test. Based on the result of t test, it is known that thitung> ttable is 6,362> 2,060 at 5% significant level. The conclusion is that the influence in the use of CRH model assisted the media of smart wake wheel (ROPINBADA) to the ability of class V math problem solving SDN 4 Ngawen.

Keywords: CRH learning model, flat wake wheel media (ROPINBADA), math problem solving ability.


Full Text: PDF