Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN AGUNGMULYO JUWANA
Aulia Trisna Sari, Soegeng Soegeng, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Agungmuyo Juwana.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian eksperimen. Desain penelitian berbentukΒ  true eksperimental design: posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Agungmulyo Juwana, sampelnya seluruh siswa kelas III dan teknik sampling yang digunakan berupa purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan data yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil analisis statistik dengan uji-t diperoleh thitung = 4,6140 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,0252, sehingga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” dan 𝐻0 ditolak atau π»π‘Ž diterima. Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Agungmulyo Juwana.

Kata kunci: Model pembelajaran koopertaif tipe tebak kata, hasil belajar IPS

Β 

Abstract

This study attempts to know whether learning model charades cooperative type of the results of the study IPS third graders SDN Agungmuyo Juwana.The research is quantitative. The methodology experiment.A design study true experimental shaped design: posttest only control group design.Research population was all the third graders SDN Agungmulyo Juwana , sampel all students third grade and engineering sampling used in the form of purposive .Analysis techniques the data used was the requirement that the data normality use the liliefors and the hypothesis using uji-t .The analysis statistics with uji-t obtained t _ count = 4,6140 and t _ table and standard significance of 2,0252 % 5 , so t _ count & gt; t _ count and h _ 0 rejected or h _ a accepted .So , concluded that learning model cooperative type of charades effective against study results IPS third graders SDN Agungmulyo Juwana.

Keywords: learning model koopertaif type of charades , IPS study results


Full Text: PDF