Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA MONORAJA (MONOPOLI AKSARA JAWA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI HURUF JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR PENGEMBANGAN MEDIA MONORAJA (MONOPOLI AKSARA JAWA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI HURUF JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Maulia Syahbarina, Fajar Cahyadi, M. Yusuf Setia Wardana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami huruf Jawa. Tindakan yang telah dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut belum maksimal, karena keterbatasan alat dan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan produk yang dikembangkan yaitu media MONORAJA (Monopoli Aksara Jawa) pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi huruf Jawa untuk siswa sekolah dasar. Media diujicobakan di 3 sekolah dasar yaitu SDN Sadeng 01 Gunungpati, SDN 1 Lamuk Purbalingga, dan SDN 2 Sinduraja Purbalingga. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi, ahli media, angket praktisi guru, dan angket penilaian siswa. Hasil dari validasi oleh ahli materi yang pertama yaitu sebesar 97,71% , ahli materi yang kedua sebesar 98,5%, dan ahli media yaitu sebesar 95%,praktisi guru sebesar 98%, dan penilaian siswa sebesar 96,36%, hal ini menunjukkan bahwa media MONORAJA telah berhasil dalam pengembangan.

Kata Kunci: media pembelajaran, huruf Jawa, MONORAJA (Monopoli Aksara Jawa)

 

Abstract

The background of this study is based on observations and interviews with class V teachers that students still have difficulty in understanding the letter of Java. Actions that have been done by teachers to overcome these problems have not been maximized, due to the limitations of tools and media. The type of this research is research and development with the developed product that is MONORAJA media (MonopoliAksaraJawa) on Javanese language subject matter Java letter for elementary school student. The media were tested in 3 primary schools namely SDN Sadeng 01 Gunungpati, SDN 1 LamukPurbalingga, and SDN 2 SindurajaPurbalingga. The results obtained from the validation of material experts, media experts, teacher practitioner questionnaire, and student assessment questionnaire. The result of validation by the first material expert is 97.71%, the second material expert is 98.5%, the validation by the media expert is 95%, the practitioner is 98%, and the student's appraisal is 96.36% This shows that MONORAJA media has been successful in development.

Keywords: learning media, Javanese letters, MONORAJA (Javanese script monopoly)


Full Text: PDF