Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA KANTONG PERKALIAN (KOPER) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN TLOGOSARI KULON 05 SEMARANG
Lutviana Martasera, Ikha Listyarini, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini siswa mengalami kesulitan dalam proses berhitung matematika, suasana pembelajaran di dalam kelas terlihat kurang aktif karena hanya beberapa siswa saja yang berani bertanya, dan beberapa siswa beranggapan bahwa pembelajran matematikan dianggap sulit. Sehingga siswa kurang tertarik dan merasa jenuh saat pembelajaran matematika . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Media Kantong Perkalian (KOPER) terhadap kemampuan berhitung dalam mata pelajaran matematika kelas II SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang dengan jumlah siswa 40. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan obseravasi. Hasil penelitian ini diperoleh dari Pretest dan Posttest. Hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung> ttabel yaitu 5,717. > 2,023 diperoleh thitung = 5,717. dengan db = 40-1 = 39 pada taraf signifikan a = 5% diperoleh ttabel = 2,023, karena   thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media kantong perkalian (koper) efektif terhadap kemampuan berhitung dan hasil belajar siswa kelas II SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Kata kunci: Media Kantong Perkalian (KOPER).

 

Abstract

The encouraging background of this study is that students experience difficulties in mathematics, the learning environment in the classroom looks less active because only a few students dare to ask, and some students assume that mathematical learning is difficult. So that students are less interested and feel bored when learning mathematics. The purpose of this study is to determine the effectiveness of Multiplication Pocket Media (KOPER) to the ability to count in the mathematics of grade II SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with the design of One Group Pretest Posttest Design. The subject of this research is the second grade students of SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang with the number of students 40. The data in this research is obtained through test, documentation and obseravasi. The results of this study were obtained from Pretest and Posttest. Result of final analysis which have been done by using t test show that thitung> ttable is 5,717. > 2.023 obtained thitung = 5,717. With db = 40-1 = 39 at a significant level a = 5% obtained ttable = 2.023, because thitung> ttable then H0 rejected and Ha accepted. This shows that the media of multiplication bag (luggage) is effective against the ability to count and the results of students' learning grade II SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.    Keywords: Media Kantong Perkalian (KOPER).


Full Text: PDF