Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA POP-UP TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 3 SDN 02 SOKOSARI
Bella Roziana, Mudzanatun Mudzanatun, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kegiatan belajar yang masih menggunakan cara konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode demonstrasi berbantu media pop-up terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia keterampilan berbicara siswa kelas 3 SDN 02 Sokosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 02 Sokosari dengan jumlah siswa 17. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini diperoleh dari Pretest dan Posttest. Hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung> ttabel yaitu 5,167 > 2,120 diperoleh thitung = 5,167 dengan db = 17-1 = 16 pada taraf signifikan a = 5% diperoleh ttabel = 2,120, karena   thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berbantu media pop-up efektif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 02 Sokosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan.

Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Metode Demonstrasi, Media Pop-Up

 

Abstract

The learning process uses the conventional method and doesn’t use the learning media. So, the of student’s evaluation is still low. These conditions drive the writer to have the research. The purpose of the research is to understand the efectivity of learning metode demonstrasi helped by the media pop-up toward the result of student’s evaluation on grade 3rd student of state elementary school of Sokosari 02 on Indonesian Language subject of speaking skill.  This research is a quantitative in Pre-Experimental Design form by using the method of One Group Pretest Posttest design. The subject of the research are the grade 3rd student of state elementary school of Sokosari 02. There are 17 students as the subject of the research. The data of the research taken by test, documentation and observation.  The data of the research can be taken by pretest dan posttest. the final data a processed by using t-test that shows taccount>ttable namely 5,167>2,120, this condition by taccount=5,167 with db=17-1=16 on significant point a =5% gotten by ttable=2,120 to taccount>ttable so H0 refused and Ha accepted. It shows that the learning metode demonstrasi helped by the media pop-up is efective toward the result of student’s evaluation on grade 3rd student of state elementary school of Sokosari 02 on Indonesian Language subject of speaking skill.

Keywords: speaking skill, demonstration method, media pop-up


Full Text: PDF