Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI BULOH 02 KABUPATEN BLORA
Afita Haraviana, Suyitno Suyitno, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia dan guru yang tidak menggunakan model pembelajaran dalam pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “ Apakah efektif model pembelajaran Number Head Together. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas SDN Buloh 02 Kabupaten Blora?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model number head together terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Buloh 02 Kabupaten Blora yang meliputi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel terikat hasil belajar Bahasa Indonesia dan variabel bebasnya adalah model number head together. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Buloh 02 Kabupaten Blora yang berjumlah 20 siswa. Motede tes untuk mengumpulkan data variabel hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan uji t untuk menghitung hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh efektif model number head together terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas  V SDN Buloh 02 Kabupaten Blora. Pada uji t hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh hasil t hitung sebesar = 5,949 selanjutnya dikonsultasikan dengan t table pada taraf sigmifikan 0,05 dengan N-1 =20-1 =19 yaitu sebesar 2,093, maka  t hitung > t tabel dengan demikian  H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa” Ada keefektifan model number head together terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 02 Buloh Kabupaten Blora”

Kata kunci: keefektifan, model number head together, hasil belajar, Bahasa Indonesia

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the model number head together against the learning outcomes of Indonesian students class V SDN Buloh 02 Blora Regency which includes student learning outcomes.This type of research is quantitative. The dependent variable of Indonesian learning result and the independent variable is model number head together. The research was conducted on the students of grade V SDN Buloh 02 KabupatenBlora which amounted to 20 students. Motede test to collect data of learning result of Bahasa Indonesia. Research uses t test to calculate hypothesis.The result of this research shows that there is effective effect of model number head together on the learning result of Indonesian student of class V SDN Buloh 02 Kabupaten Blora. In t test result of learning result of Indonesian obtained result t count equal to = 5,949 then consulted with t table at sigmifikan level 0,05 with N-1 = 20-1 = 19 that is equal to 2,093, then t arithmetic> t table thus H0 rejected and Ha accepted. So it can be said that "There is effectiveness of model number head together against the learning result of Indonesian in grade V studentsSDN 02 Buloh Blora Regency".

Keywords: effectiveness, number head together model, learning outcomes, Indonesian Language


Full Text: PDF