Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN KEDUNGMUNDU SEMARANG
Rika Yanuarti, Rasiman Rasiman, Aries Tika Damayani

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media puzzle terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Kedungmundu Semarang?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media puzzle terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Kedungmundu Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kedungmundu Semarang, dimana SDN Kedungmundu Semarang terdapat 2 kelas yaitu kelas III A dan kelas III B dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Hasil analisis data penelitian dengan taraf signifikan 5%, nilairata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran talking stick berbantu media puzzle sebelum diberi perlakuan adalah 69,50 yang berarti kurang dari KKM dan nilai rata-rata setelah diberi perlakuan adalah 85,50 yang berarti sudah memenuhi KKM. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media puzzle terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Kedungmundu Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dengan model pembelajaran talking stick berbantu media puzzle dapat mendorong munculnya inovasi dan kreativitas guru dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi pembelajaran.

Kata Kunci: Model talking stick, Media puzzle, Hasil belajar.

 

Abstract

The problem in this research is "Is there any influence of the talking stick learning model with the help of puzzle media on the learning result of class III mathematics of SDN Kedungmundu Semarang?". The objective to be achieved in this research is to know there is influence of learning model talking stick assisted media puzzle to the result of learning mathematics class III SDN Kedungmundu Semarang. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design with Posttest Control Group Design design. The population of this research is students of class III SDN Kedungmundu Semarang, where SDN Kedungmundu Semarang there are 2 classes that is class III A and class III B by using sampling technique non probability sampling which is kind of saturated sampling. Result of analysis of research data with significant level 5%, experiment class average value better than control class, improvement of mean result of learning of student mathematics using model of talking stick assisted media of puzzle media before treatment is 69,50 which mean less than KKM And the mean value after treatment was 85.50 which means it has fulfilled the KKM. Therefore, it can be concluded that there is influence of learning model talking stick assisted media puzzle to the results of learning mathematics class III SDN Kedungmundu Semarang. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is expected with the learning model talking stick assisted media puzzle can encourage the emergence of innovation and creativity of teachers in creating and developing learning innovation.

Keywords: Model talking stick, Media puzzle, Learning outcomes.


Full Text: PDF