Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA ANAK SISWA KELAS V SD N TLUTUP
Muhammad Azwar Fardiansyah, Purwadi Purwadi, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Think Pair Share terhadap hasil belajar materi cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Tlutup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif QuasiEksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Tlutup tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share terdapat 8 siswa yang tuntas dengan persentase persentase 33% dan 16 siswa belum tuntas dengan persentase 67%. Sedangkan setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang tuntas 23 siswa dengan persentase 95,83% dan 1 siswa yang belum tuntas dengan persentase 4,17%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil  thitung = 11,754 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel = 2,069 dengan db = 24-1 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 11,754> 2,069. Kesimpulannya bahwa model Think Pair Share dalam  mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Cerita Anak efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Tlutup.

Kata kunci : hasil belajar, model Think Pair Share, cerita anak

 

Abstract

The purpose of this study is to determine the effectiveness of Think Pair Share model on the learning outcomes of children's learning materials subjects Indonesian V-grade students SDN Tlutup Pati. This research type is Quasiexperimental Quasi-Experimental research with One Group Pretest-Posttest Design design .. The research population is all students of SDN Tlutup Pati in academic year 2016/2017. Samples taken are 24 students of class V by using the technique of Saturated Sampling. Test requirements analysis includes normality test and t test. Based on the results of research shows that learning before using Think Pair Share learning model there are 8 complete students with percentage percentage 33% and 16 students unfinished with percentage 67%. While after being treated (posttest) by using Think Pair Share learning model which completed 23 students with percentage 95,83% and 1 student which not yet completed with percentage 4,17%. This is reinforced with final analysis result done by using t test indicate that result tcount = 11,754 then compare with ttable = 2,069 with db = 24-1 at 5% significant level. This result indicates that thitung> ttable is 11,754> 2,069. The conclusion that the Think Pair Share model in the subjects of Bahasa Indonesia of Children's Story materials is effective on the results of the students of grade V SDN Tlutup Pati.

Keywords: learning outcome, model Think Pair Share, childstory


Full Text: PDF