Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BEBRBICARA SISWA KELAS IV SDN 03 KARANGSARI KENDAL
Meilina Intan Pratiwi, Ikha Listyarini, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Keterampilan berbicara siswa masih kurang pada saat siswa maju berbicara di depan kelas. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang monoton dan kurangnya kepercayaan diri siswa untuk menunjukkan hasil kerjanya serta mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran Paired Storytelling dapat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara dengan penggunaan teknik pembelajaran Paired Storytelling di SDN 03 Karangsari Kendal Tahun Ajaran 2016/2017.  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak Teknik Pembelajaran Paired Storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 03 Karangsari Kendal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 03 Karangsari Kendal. Sampel yang diambil terdiri dari kelas IV berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis dengan uji t diketahui thitung> ttabel (11,894 > 2,064) maka Ha diterima. Jadi, Teknik Pembelajaran Paired Storytelling dapat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 03 Karangsari Kendal. Hasil belajar pretest 51,88 dan posttest 80,2. Disimpulkan bahwa teknik pembelajaran paired storytelling berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 03 Karangsari Kendal. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah teknik pembelajaran Paired Storytelling dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa.

Kata kunci : Teknik pembelajaran paired storytelling,  keterampilan berbicara

 

Abstract

Students' speaking skills are still lacking when students come forward to speak in front of the class. This is due to the monotonous learning and lack of student confidence to show the results of their work and optimize the ability and motivation of students. Learning using Paired Storytelling technique can affect student speaking skill. This study aims to determine the skills to speak with the use of learning techniques Paired Storytelling at SDN 03 Karangsari Kendal Academic Year 2016/2017. The purpose of this research is to know whether there is influence or not Paired Storytelling Learning Technique to speak skill of fourth grade student of SDN 03 Karangsari Kendal. This type of research is quantitative. The population in this research is the fourth grade students of SD N 03 Karangsari Kendal. Samples taken consisted of class IV amounted to 25 students by using saturated sampling technique. The research design used is OneGroup Pretest-Posttest Design. Result of analysis with t test known thitung> ttabel(11,894> 2,064) hence Ha accepted. So, Paired Storytelling Learning Technique can influence to speak skill of fourth grade student of SD Negeri 03 Karangsari Kendal. Pretest learning results 51.88 and posttest 80.2. It was concluded that the paired storytelling technique influenced the speaking skill of fourth grade students of SD Negeri 03 Karangsari Kendal. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is Paired Storytelling learning techniques can be used in learning students' speaking skills.

Keywords: Paired Storytelling learning techniques, students' speaking skills


Full Text: PDF