Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI DANYANGMULYO 02 KABUPATEN PAT
Desy Nilam Sari, Suyitno Suyitno, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS dan guru yang tidak menggunakan model pembelajaran dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model number head together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Danyangmulyo 02 Kabupaten Pati yang meliputi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel terikat hasil belajar IPS dan variable bebasnya adalah model number head together. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Danyangmulyo 02 Kabupaten Pati yang berjumlah 20 siswa. Motede tes untuk mengumpulkan data variable hasil belajar IPS. Penelitian menggunakan uji t untuk menghitung hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh efektifan model number head together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Danyangmulyo 02 Kabupaten Pati.  Berdasarakan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti menyampaikan saran agar model pembelajaran number head together dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran disekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru diharapkan mampu menguasai dan menerapkan model pembelajaran number head together, sehingga pembelajaran lebih menarik dan efektif dalam penerapannya pada pembelajaran IPS.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Number Head Together

 

ABSTRACT

This research is motivated by low learning result of IPS and teachers who do not use learning model in learning. This study aims to determine the effectiveness of model number head together on the learning outcomes of IPS students class III SDN Danyangmulyo 02 Pati District which includes student learning outcomes. This type of research is quantitative. The dependent variable of learning result of IPS and its free variable is model number head together. The research was conducted on the third grade students of SDN Danyangmulyo 02 Pati Regency which amounted to 20 students. Motede test to collect data of learning result of IPS learning. Research uses t test to calculate hypothesis. The result of this research shows that there is effective effect of model number head together toward the learning result of IPS student of class III SDN Danyangmulyo 02 Pati Regency. Based on the results obtained, the researcher suggests that the learning model number head together can be used as an alternative in school learning to improve student learning outcomes. Teachers are expected to be able to master and apply the learning model number head together, so that learning is more interesting and effective in its application on IPS learning.

Keywords: Learning Outcomes, Number Head Together


Full Text: PDF