Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG PROFESI TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Novianingsih Prayitno

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan yang ada adalah dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada tema keperluan sehari-hari di sekolah dasar. Peneliti terinspirasi untuk mengembangkan media wayang profesi menjadi media pembelajaran interaktif sebagai pendukung pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media wayang profesi tematik sebagai pendukung pembelajaran pada siswa kelas III sekolah dasar tema “Keperluan sehari-hari” Penilaian oleh ahli media yang dilakukan oleh dosen dan guru didapat rata-rata persentase keidealan 98% dengan kriteria “Baik Sekali”. Penilaian oleh ahli materi yang dilakukan oleh dosen dan guru didapat rata-rata persentase keidealan 88% dengan kriteria “Baik Sekali”.Sehingga pengembangan media wayang profesi valid digunakan pada tema keperluan sehari-hari kelas III Sekolah Dasar.

Kata kunci: pengembangan media, wayang profesi, sekolah dasar

 

Abstract

The problems that exist are in the implementation of thematic learning on the theme of daily necessities in elementary school. Researchers are inspired to develop a wayang media profession into an interactive learning media as a supporter of learning. In this research, the researcher will develop thematic media of thematic way as supporting learning in third grade student of elementary school theme "daily necessity". Assessment by media experts conducted by lecturers and teachers obtained an average percentage of 98% ideality with the criteria of "Very Good". Assessment by material experts conducted by lecturers and teachers obtained an average percentage of ideal 88% with the criteria of "Very Good". So that the development of professional wayang media is used in the theme of everyday needs of the third grade of elementary school.

Keywords: media development, wayangprofesi, elementary school

 


Full Text: PDF