Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA DIMENSI LIPAT TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Linda Rohmawati, Fine Reffiane

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini berlatar belakang bahwa kurangnya variasi penggunaan media yang digunakan dalam proses pembelajaran KTSP Tematik di kelas III Sekolah Dasar. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SDN Semirejo 02 dan SDN Ketanggan 02 ternyata penggunaan media masih sedikit dan kurang bervariasi. Kebanyakan media yang sering digunakan yaitu media berupa gambar dibuku dan media asli yang sekali pakai dalam proses pembelajaran. Solusi yang sesuai dari permasalahan itu adalah dengan menggunakan media dimensi lipat berbentuk gambar dua atau tiga dimensi yang dilengkapi materi. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis data yaitu kevalidan produk dan kepraktisan produk. Data yang terkumpul dianalisis dengan menghitung rata-rata skor yang diperoleh dan dianalisis menjadi data deskriptif. Hasil penelitian ini media dimensi lipat dinyatakan valid dan praktis layak digunakan dengan total rata-rata presentase keidealan ahli media dan ahli materi sebesar 94,5% dan untuk kepraktisan dengan total rata-rata presentase keidealan tanggapan guru dan siswa sebesar 94,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dimensi lipat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III yang menggunakan KTSP tematik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tematik, Dimensi Lipat.

 

Abstract:

This research is based on the lack of variation of media usage used in the teaching process of KTSP Thematic in third grade of elementary school. The results of observations and interviews conducted by researchers at SDN Semirejo 02 and SDN Ketanggan 02 was the use of media is still small and less varied. Most of the media that is often used the media in the form of images dibuku and original media that is disposable in the learning process. The appropriate solution of the problem is to use a folding medium in the form of two or three dimensional images with material. This type of research uses Research and Development (R & D) method with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data analysis techniques are the product's validity and product practicability. The collected data was analyzed by calculating the average score obtained and analyzed into descriptive data. The result of this research is that the fold dimension media is valid and practically feasible to be used with the average percentage of ideality of media expert and material expert at 94.5% and for practicality with total average percentage of teacher and student responses 94,5%. From these results it can be concluded that the use of fold media valid and practical dimensions used in the learning process in class III using KTSP thematic.

Keywords: Learning Media, Thematic, Fold Dimension.

 


Full Text: PDF