Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR BERBANTU MEDIA WAYANG BERKATAK DALAM KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF KELAS III SDN 02 KARANG KEMBANG KEBUMEN
Ida Alfa Rofikoh Indriasari Musyono, Ikha Listyarini, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Kemampuan siswa masih kurang dalam menulis paragraf deskripsi. Hal ini disebabkan pembelajaran yang kurang menarik untuk siswa selama mengikuti proses belajar mengajar dan kurang memotivasi siswa, penggunaan media yang masih jarang juga digunakan untuk membantu dalam merangsang minat siswa dalam menulis paragraf. Penggunaan model induktif kata bergambar berbantu media wayang berkatak dapat membantu siswa untuk dalam pembelajaran menulis paragaraf deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kemampuan siswa menulis paragraf dengan menggunakan model induktif kata bergambar berbantu media wayang berkatak di SD Negeri 2 Karang Kembang Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 02 Karang Kembang Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 50 siswa kelas III A dan III B dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes. Data analisis menggunakan uji t. Berdasarkan uji t, diketahui thitung> ttabel (2,223 > 2,02) maka Ha diterima. Kesimpulannya bahwa model induktif kata bergambar berbantu media wayang berkatak dapat diterapkan dalam pembelajaran kemampuan menulis paragraf deskripsi.

Kata Kunci: model pembelajaran induktif kata bergambar, media wayang berkatak, pembelajaran menulis paragaraf.

 

ABSTRACT

The ability of students is still lacking in writing a description paragraph. This is due to less interesting learning for students during the learning process and less motivating students, the use of media is still rarely also used to help in stimulating student interest in writing paragraphs. The use of inductive model of auxiliary word auxiliary media can help pupils to learn in writing paragaraf description. This study aims to find out the ability of students to write paragraphs by using the inductive model of auxiliary word auxiliary media wayang berkatak in SD Negeri 2 Karang Kembang Kebumen Academic Year 2016/2017. This type of research is experimental research in the form of True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design design. The study population is all students of class III SD Negeri 02 Karang Kembang Kebumen academic year 2016/2017. Samples taken were 50 students of class III A and III B by using Cluster random sampling technique. The data in this study was obtained through the test. Data analysis using t test. Based on t test, it is known thitung> ttabel (2,223> 2.02) then Ha accepted. The conclusion is that the inductive model of the pictorial word assisted by the wayang media can be applied in learning the ability to write paragraph descriptions.

Keywords: inductive learning model of pictorial words, media of wayang berkatak, learning writing paragaraf.


Full Text: PDF