Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DI SDN MRANGGEN 2
Eka Lutfiana, Mudzanatun Mudzanatun, Wawan Priyanto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama di SDN Mranggen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Mranggen 2  tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 33 siswa kelas IV A dan 33 siswa kelas IV B dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis uji T diperoleh thitung = 5,0617 dan perhitungan ttabel yaitu 2,000. Karena thitung > ttabel yaitu 5,0617 > 2,000 maka sesuai dengan rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan H1 diterima, kesimpulan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama.  Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity untuk diterapkan dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan yang lain. Dengan penelitian eksperimen ini, diharapkan guru dapat menggunakan strategi DRTA dalam menemukan kalimat utama dengan bantuan PPT agar pembelajaran lebih menarik dan efisien.

Kata Kunci: DRTA, Membaca Intensif, Kalimat Utama.

Abstract

This research aimed to determine the influence of strategy Directed Reading Thinking Activity on intensive reading ability in finding the main sentence in SDN Mranggen 2. Type of this research is experimental research in the form of True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group. The population of this research is all students of SDN Mranggen 2 year lesson 2016/2017. Samples taken were 33 students of class IV A and 33 students of grade IV B by using saturated sampling technique. The data in this study was obtained through tests, documentation and interviews. T test analysis results obtained t count = 5.0617 and t count table is 2,000. Because t arithmetic> t table is 5,0617> 2,000 then according to hypothesis formula which tested, Ho refused and H1 accepted, conclusion that strategy of Directed Reading Thinking Activity influence to intensive reading ability in finding main sentence. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is that teachers can use the strategy of Directed Reading Thinking Activity to be applied in Indonesian Subjects other subject. With this experimental research, it is hoped that teachers can use DRTA strategy to find the main sentence with the help of PPT to make learning more interesting and efficient.

Keywords: DRTA, Intensive Reading, Main Sentence.


Full Text: PDF